Halal Harus Penuhi 11 Kriteria SJH

Pelatihan Bali International Training on Halal Assurance System (HAS) yang berlangsung di Denpasar, Bali sejak Selasa, 24 Mei diisi pemaparan tentang kriteria Sistem Jaminan Halal (SJH), yang disampaikan oleh Kepala Bidang Standar dan Jaminan Mutu LPPOM MUI, Dr. Ir. Muslich, M.Si.

Materi tersebut disampaikan agar peserta memahami kriteria HAS, yang antara lain meliputi kebijakan halal, tim manajemen halal, diklat, produk, hingga fasilitas produksi.

Muslich menegaskan, untuk mendapatkan sertifikat halal, pihak perusahaan harus memenuhi kriteria yang dipersyaratkan oleh LPPOM MUI. "Persyaratan tersebut terangkum dalam sebelas kiriteria SJH yang harus dipatuhi," ujar Muslich di hadapan lebih dari 100 peserta pelatihan dari berbagai negara.

Dari kesebelas kriteria tersebut, semuanya harus dipenuhi, dan tidak ada toleransi. Dalam hal kriteria fasilitas produksi, misalnya, seluruh nama (jika ada) dan alamat produksi harus didaftarkan.

Fasilitas produksi juga tidak boleh digunakan secara bergantian untuk menghasilkan produk yang disertifikasi halal dan produk yang tidak disertifikasi yang mengandung bahan dari babi atau turunannya. Fasilitas dan peralatan yang pernah digunakan untuk menghasilkan produk yang mengandung babi atau turunannya, jika akan digunakan untuk menghasilkan produk yang disertifikasi harus dicuci tujuh kali dengan air, dan salah satunya dengan tanah atau bahan yang yang mempunyai kemampuan menghilangkan rasa, bau dan warna.

Bali International Training on Halal Assurance System merupakan program pelatihan halal berskala internasional, yang diikuti oleh 104 peserta dari berbagai negara antara lain : Indonesia, Jepang, Malaysia, Vietnam, Brunei Darussalam, Thailand, India, Singapura, Philipina, Australia, China, Selandia Baru, Swiss, Belgia dan Argentina. (***)
http://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/detil_page/8/23380/30/1

Komentar

  1. saya juga sangat munyukai kuliner , cek blog saya ya kak http://donatfarian.blogspot.co.id/2016/11/jenis-jenis-donat-di-seluruh-dunia_21.html

    BalasHapus

Posting Komentar